Tuesday, April 22, 2014

Mengenal Haul Truck


Mengenal Haul Truck catatan-redaksi.blogspot.com


Haul Truck adalah kendaraan terbesar didunia, banyak digunakan untuk transportasi dipertambangan, mampu mengangkut hingga 400 ton sekali jalan. Kemampuan tersebut membuat Haul Truck diklaim sebagai alat transportasi berbiaya rendah dan paling efisien.
Dibekali struktur berdaya tahan luar biasa dan umur panjang, Haul Truck didesain kotak, menggabungkan 2 buah forging dan 14 casting, membuat truk ini mampu menahan kerusakan yang disebabkan mesin punter. Rangka baja ringan untuk fleksibilitas dan daya tahan terhadap beban berat, juga tahan terhadap korosi. Sistem suspensinya didesain khusus untuk melewati medan ekstrim di area pertambangan yang berbatu.
Silinder pada bagian depan dirancang dengan caster preset dan camber yang dipasang pada frame Haul Truck. Bagian tersebut berguna untuk pusat kemudi sehingga dapat bermanuver dengan lincah dengan biaya pemeliharaan rendah. Transfer link suspensi 4 bar mampu menahan beban berat.


Sistem Pengereman Haul Truck

Untuk mengimbangi ukurannya, Haul Truck mempunyai kontrol pengereman superior, memungkinkan pengemudi lebih fokus pada medan ekstrim area pertambangan. kontrol pengeraman dirancang terintegrasi dengan rem servis, sekunder, rem parkir dan fungsi perlambatan kecepatan, membuat tingkat efisiensi pengereman menjadi optimal dan tidak menghabiskan bahan bakar berlebihan. Pelumas yang digunakan untuk cooling pada rem cakram juga menghentikan kontaminasi udara sehingga tidak terjadi korosi.

Bahan Bakar

Tahun 2012 bulan september, salah satu produsen Haul Truck; Caterpillar memperkenalkan gas alam sebagai bahan bakar alternatif, gas alam dianggap sebagai bahan bakar masa depan karena lebih efisien dan ramah lingkungan.

Demikian sekilas tentang Haul Truck.

0 comments:

Post a Comment